Lebih Produktif Ketika Online di depan Komputer



Nongkrong di depan layar komputer atau tablet dan smartphone seperti iphone untuk hal apapun memang memakan waktu yang terkadang tidak terhitung banyaknya, terlebih bagi mereka yang memang benar-benar telah membuat kegiatan online menjadi kegiatan rutin setiap hari yang tidak bisa di hindari baik itu untuk keperluan bisnis online ataupun untuk keperluan pribadi. Namun sadarkah anda berapa banyak yang sebenarnya lebih produktif ketika kita nongkrong dilayar komputer?

8 Cara supaya lebih produktif ketika online

1.   To do list
    Untuk mencapai hal yang lebih produktif, terutama dalam bisnis online, to do list atau membuat list dari apa yang dan kapan harus dikerjakan seperti melakukan market research, kapan harus membuat draft posting, kapan harus editing dan publishing adalah hal yang sepele namun masih banyak yang belum membuat jadwal hal-hal diatas sehingga waktu yang dimiliki kurang produktif.
    Membuat daftar pekerjaan penting dalam bisnis onlineBila anda menggunakan smartphone seperti iphone, carilah aplikasi yang dapat membantu untuk mengatur jadwal-jadwal kegiatan online anda. Atau jika anda belum memiliki smartphone, gunakanlah sesuatu yang ada dan tidak menggunakan biaya yang besar seperti stickie note (kertas kuning yang bisa ditempel pada layar komputer) atau juga Google Calendar yang sebenarnya sangat besar sekali manfaatnya.

2.   Skala prioritas
    Buatlah list daftar kerjaan online anda dari hal yang urgent, terpenting, penting, dan lainnya.
    Kerjakanlah kerjaan online yang urgent dan terpenting terlebih dahulu seperti memposting artikel yang sudah terjadwal dan cepat melakukan update keamanan website anda ketimbang melihat-lihat peluang bisnis online lainnya.

3.   Hindari multitasking
    Hindari mengerjakan beberapa pekerjaan online dalam waktu bersamaan seperti mengerjakan tugas dari klien dan juga tugas pada blog pribadi kita, karena dengan ini, tidak akan pernah membuat kita fokus, dan yang lebih parah lagi, tidak akan ada satu pekerjaan onlinepun yang selesai dengan sempurna baik.

4.   Siapkan waktu untuk hal yang tidak terduga
    Keadaan terkadang tidak sesuai dengan yang kita harapkan, terutama bagi pelaku bisnis online yang kerja dirumah dan sudah memiliki keluarga, atau yang masih single yang terkadang teman-teman sekitar memerlukan bantuan kita secara mendesak namun kita sendiri sedang sangat sibuk dalam pengerjaan bisnis online kita.
    Untuk mengindarinya, cobalah membuat draft untuk kita posting sebanyak mungkin dan usahakan siapkan semua sumber dan simpan bersamaan dengan file draft kita, supaya kita bisa melakukan kegiatan editing lebih cepat pada waktunya.

5.   Jadilah fleksibel
    Mencari ide bisnie online atau melakukan market reaseach untuk suatu “niche market“ dan bahkan membuat draft tidaklah harus dilakukan dirumah, ditempat kita berkerja online dengan menggunakan komputer kita, kita juga bisa melakukan hal diatas ketika kita sedang menunggu bis ketika kita sedang mengantri di halte, atau ketika kita sedang jalan dan kebetulan melihat sesuatu yang menurut kita merupakan niche yang sangat bagus, kita bisa langsung membuat catatan kecil pada smartphone kita supaya bisa di tindak lanjuti ketika kita duduk dikursi kerja kita.

6.   Menetapkan deadline
    Biasakan membuat deadline atau time goal, misalkan melakukan market research untuk suatu niche perlu waktu 3 jam, membeli domain dan hosting satu jam, mendesign website 5 jam dan seterusnya, dan lakukanlah seperti yang dijadwalkan, dan ingat, jangan multitasking!!!

7.   Santai
    Luangkan waktu untuk santai, misalkan ketemuan dengan teman online di suatu cafe, atau santai sejenak di pagi hari sebelum beraktifitas, dan untuk membuat lebih produktif, anda juga bisa melakukan hal-hal kecil seperti twitting, share link ke teman di facebook dan sebagianya

8.   Kompromi
    Ngobrol santai dengan anak atau istri di pagi atau sore hari sambil minum teh hangat dan membicarakan tentang rencana atau kerangaka dan strategi blogging kita kepada mereka adalah sesuatu yang positif, karena disamping kita juga berbagi waktu dengan mereka, mungkin mereka juga akan belajar dari apa yang kita kerjakan, dan bahwa mereka akan mendukung dan memberi semangat atas apa yang kita kerjakan, dan tentunya ini sangat baik sekali, hubungan keluarga lebih erat, spirit kita untuk melakukan bisnis online pun lebih semangat

Semoga  8 Cara supaya lebih produktif ini membuat kita lebih baik dalam mengatur waktu dan semoga bisnis online anda terus lebih baik.

sumber= http://www.pakaronline.com

Komentar